Selasa, 04 Oktober 2016

Kue Lumpur


Karena "Dapur Wiyata" Alhamdulillah lagi sering terima orderan snack box jadi update blognya pun akhir-akhir ini menunya pilihan isi dari snack box.
Satu lagi kue tradisional Indonesia "Kue Lumpur" yang teksturnya lembutttt banget namun ada gerindil-gerindil halus dari kentang, rasanya manis dan gurih santan terasa.

Banyak yang suka dengan kue ini, termasuk saya dan keluarga. Tetapi menurut saya pribadi, membuat kue ini lumayan banyak tahapannya mulai dari kukus kentang dan menghaluskannya, rebus santan dengan daun pandan agar kue tidak cepat basi, memasak adonan tepung terlebih dulu, baru kemudian mencapur semua bahan dan terakhir mencetaknya hingga matang.
Hemmmm...........panjang kan tahapannya....hihihi, tapi hasil dari tahapan panjang tersebut terciptalah sebuah panganan bulat tipis lembut yang membelai lidah.....(puitis sedikit).

Banyak ragam resep untuk kue lumpur ini, ada yang menggunakan kentang seperti saya, ada juga yang tanpa kentang. Ada yang menggunakan full susu, full santan atau kombinasi keduanya. Ada yang original warna kuning telur seperti yang tampak difoto, ada yang hijau pandan, ada yang ungu menggunakan ubi ungu, ada yang kuning terang menggunakan labu parang, dll. Semuanya sesuai selera masing-masing ya....

Saya pernah membuat kue lumpur tanpa kentang, tapi menurut saya teksturnya kurang kokoh dan cenderung mudah retak. Lalu saya mencoba resep kedua dari blog bunda Ricke-Ordinary Kitchen dan cocok, berikut saya tulis ulang resepnya:

Kue Lumpur

Bahan:
200 gram kentang halus kukus
250 ml air
75 gram margarin
150 gram terigu protein sedang
150 gram gula pasir
1/4 sdt garam
6 butir telur
400 ml santan yang sudah dimasak mendidik dengan daun pandan
1/2 sdt vanili cair
kismis untuk hiasan

Caranya:
1. Masak air, margarine, garam, gula dengan api sedang hingga mendidih lalu matikan api
2. Masukkan terigu, aduk rata lalu nyalakan kembali api hingga adonan kalis/tidak menempel 
3. Masukkan kentang ke dalam adonan terigu yang sudah matang, aduk rata dan diamkan hingga dingin
4. Tambahkan telur sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga telur habis lalu masukkan santan dan vanili cair sambil terus dikocok hingga rata



5. Panaskan cetakan lumpur dengan api kecil, tuang adonan kecetakan, tutup sebentar hingga setengah kering, letakkan kismis di permukaan kue, tutup kembali dan masak hingga matang.
6. Selamat menikmati kue yang lembut membelai lidah ;)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar