Minggu, 27 November 2016

Sushi Roll


Bismillahirrahmanirrahim

Klo di Indonesia ada nasi isi dibungkus daun bernama "Lemper" sedangkan di Jepang ada nasi isi dibungkus "Nori" bernama Sushi......hihihihi

Kali ini memberanikan diri membuat sesuatu yang lain dan agak "kekinian" dari negeri sakura Jepang.
Bernama Sushi dan belum pernah makan yang asli di Jepangnya :D namun sering mencoba di restoran-restoran Jepang yang sekarang sudah banyak sekali menyajikan menu Sushi ini.

Sudah lama sekali dihinggapi rasa ingin mencoba untuk bisa bikin jenis makanan Jepang satu ini tetapi masih ragu dengan bahan-bahannya yang Halal terutama untuk "Nori" nya sampai akhirnya menemukan Nori merk "Triple M" tetapi masih label Halal dari Thailand. Sedangkan pelengkapnya seperti Soy Sauce dan Wasabi untuk kali ini belum dilengkapi karena memang belum punya jadi hanya ditemani Kecap Asin dan ternyata CUKUP cihui rasanya (Mujiiii Sendiri).

Nori merk Triple.M tampak Depan

Nori merk Triple.M tampak Belakang
Banyakkkk sekali jenis Sushi yang ada dan kali ini saya mencoba membuat yang mudah sesuai bahan yang ada, yaitu Sushi Roll dengan isi sayur wortel, timun dan crab stik. Sedangkan untuk nasinya saya menggunakan nasi biasa yang dicampur sedikit dengan beras ketan untuk memberikan kesan lengket pada nasi sehingga mudah digulung bersama nori.

Biasanya nasi untuk Sushi menggunakan beras Jepang yang memang tekstur nasinya lebih lengket dan butiran berasnya bulat besar. Namun karena harganya jauhhhhh lebih mahal maka diputuskan untuk menggunakan beras Indonesia asli dicampur dengan beras ketan tapi jangan bersedih dijamin sushi roll kali ini rasanya tidak kalah bersaing yaaaa.............

Sushi ala @dapurwiyata:

Hasilnya 2 roll panjang sushi
(20potong sushi roll)

Bahan Nasi:
Beras Putih Pulen 350 Gram
Beras Ketan 50 Gram
Air 600 ml
1 sdt peres garam halus
1 sdt air jeruk nipis

Bahan Isi:
Wortel rebus dipotong panjang
Timun dipotong panjang
3 batang Crab Stik rebus sebentar
2 Lembar Nori lebar

Caranya:
1. Masak beras putih + beras ketan + air dengan ricecooker hingga matang
2. Masukkan nasi yang sudah matang ke baskom bersih lalu tambahkan garam dan air jeruk nipis lalu aduk cepat.
3. Siapkan nori yang lebar diatas sushi mat yang sudah dilapisi plastik/serbet bersih
4. Ratakan nasi tipis-tipis selebar nori, susun bahan isi (wortel, timun, crab stik) di satu sisi nori yang akan dimulai untuk digulung
5. Buat gulungan pertama dengan cara melingkari nori ke bahan isi, padatkan, tarik sushi mat perlahan untuk menyelesaikan gulungan hingga selesai.
6. Diamkan gulungan sekitar 5 menit untuk membiarkan bahan isi padat dengan nasi dan nori
7. Potong sushi gulung dengan pisau tajam yang sudah dibasahi terlebih dulu sehingga tidak lengket dan hasil potongan rapi.

Yuk nge-sushi dirumah......... ☻☻☻☻

Tidak ada komentar:

Posting Komentar